Nutrisi Penting untuk Cerdaskan Anak

Nutrisi Penting untuk Cerdaskan Anak

Kecerdasan dipengaruhi faktor keturunan/genetik dan faktor lingkungan termasuk asupan gizi. Oleh karena itu pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang penting terutama sejak di dalam kandungan sampai usia 3 tahun. Ketika bayi lahir, berat otak sekitar 25% dari otak orang dewasa, kemudian pada usia setahun beratnya sudah mencapai 70% otak orang dewasa. Proses perkembangan otak ini berlangsung sangat cepat hingga anak berusia 3 tahun. Setelah ini, proses akan berjalan melambat, yakni pada usia sekolah dan usia remaja.

 

Nutrisi Penting Meningkatkan Kecerdasan Anak :

 

Asam lemak omega 3, 6, 9 penting untuk membentuk pembungkus syaraf, demikian pula sphyngomyelin. Ketiga asam lemak ini adalah asam lemak esensial (sangat dibutuhkan tubuh tetapi tidak dapat dibuat oleh tubuh).  ‚ÄúPenelitian di Inggris telah membuktikan bahwa anak-anak yang diberi asam-asam lemak esensial memperlihatkan nilai lebih tinggi pada ujian membaca sekaligus perbaikan pada keseluruhan perilaku mereka.


Omega-3. Sering disebut sebagai yang paling penting di antara asam-asam lemak karena selain baik bagi sistim saraf pusat dan otak, juga .memiliki efek anti peradangan dan anti penggumpalan darah. Sayangnya, asupan omega-3 ini justru yang paling kurang dalam pola makan kita sekarang. Tinggi kadarnya dalam ikan laut (salmon, sarden, ma karel,dll).


Omega-6. Sama pentingnya seperti omega-3, meski jumlah yang dianjurkan tidak sebesar Omega-3. Pola makan kita sehari-hari pada umumnya cukup menyediakan asam lemak ini, karena selain dari minyak nabati, asam lemak omega-6 juga dapat diperoleh dari sayuran berdaun, biji-bijian, kacang-kacangan, dan serealia.


Omega-9. Asam lemak omega-9 adalah asam lemak terbanyak yang dapat ditemukan di alam, sehingga sangat kecil kemungkinannya tubuh kita kekurangan asam lemak ini.


AA (Arachidonic acid).  Juga termasuk asam lemak esensial yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sistem saraf pusat dan neurotransmitter (zat penghantar). AA bersama dengan Omega-3 juga sangat dibutuhkan untuk kesehatan fungsi visual/penglihatan. AA bisa ditemukan dalam ASI, ikan tuna, salmon, makarel, sarden, daging, telur.


Asam amino membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsang (zat neurotransmitter) pada sambungan sel syaraf. Asam amino juga berperan untuk mengatur pembentukan senyawa serotonin yang terlibat di dalam sistem saraf atau acetylcholine yang penting untuk daya ingat. Sumber asam asam amino yang berkualitas tinggi adalah protein hewani, misalnya daging sapi, daging ayam, telur, produk susu (dairy product). Kacang kedelai, alga/ganggang adalah sumber asam amino nabati dengan kualitas yang hampir menyamai protein hewani. Asam amino yang diperlukan antara lain Tyrosine, Triyptophan dan Asparangin.

 

Vitamin B6, Asam Folat (B9) dan B12 dapat membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi otak yang pada akhirnya bisa meningkatkan memori. Juga sangat penting untuk fungsi neurotransmitter. Kekurangan vitamin-vitamin B ini dapat menurunkan tingkat konsentrasi, kehilangan memori jangka pendek, depresi dan kecemasan.  Sumber kaya B6, B9 dan B12 seperti kacang-kacangan, wortel, alga, sereal dan biji bunga matahari.

 

Zat besi  membantu kerja enzim yang penting untuk perangsangan saraf. Zat besi ditemukan dalam otak secara tidak merata, sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian otak tersebut. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rendahnya kecerdasan.

 

Yodium. Kekurangan yodium menyebabkan rendahnya kecerdasan. Fungsi yodium di dalam tubuh adalah membentuk hormon di dalam kelenjar tiroid. Hormon tiroid mempunyai efek yang nyata pada perkembangan otak, membuat peka sistem syaraf dan meningkatkan aktivitas otak.

 

Seng. Dibutuhkan untuk pembelahan dan kemampuan membran sel-sel otak. Zat seng berkait erat dengan pertumbuhan kecerdasan anak. Anak-anak yang kekurangan zat seng mengalami gangguan pertumbuhan kecerdasan. Sumber: www.kompas.com,  www.menhealth.co.id

 

Zat-zat gizi tersebut diatas seharusnya tersedia cukup setiap hari dari makanan yang dikonsumsi anak-anak untuk mendukung pertumbuhan, perkembangan kecerdasan. Untuk menjamin keterpenuhannya dapat diperoleh dari suplemen makanan seperti Vitayang Omega-3 dengan konsentrasi EPA+DHA hingga 70% dan Supergreen Food yang kaya akan semua asam amino esensial (termasuk vitamin B6, B9 dan B12) dan mineral (termasuk Fe, I, Se). Kombinasi keduanya akan mendukung pertumbuhan, kecerdasan dan prestasi anak-anak anda dengan maksimal.

Share:
;